Minggu, 19 Oktober 2014

Tugas Evaluasi Hasil Pembelajaran

Tabel Spesifikasi
Aspek yang diungkap

Pokok Materi
Ingatan
(I)
C1
Pemahaman
(P)
C2
Aplikasi
(A)
C3
Jumlah
Bagia I             40%
Bagian II          60%
2
2
2
2
-
2
4
6
Jumlah
4
4
2
10


Kisi – Kisi Soal Ujian (Soal Tes)
Satuan Pendidikan :    SMPN 1 Puger                        Jumlah Soal  : 10
Mata Pelajaran       :    Biologi                        Bentuk Soal : Pilihan Ganda dan Uraian
Kelas / Semester    :     XII/ganjil                                Penyusun     : 1. Bella Rhea L. S.
Alokasi Waktu       :    90 Menit                                                         2. Maya Umi Hajar
No. Urut
Tujuan Pemb. (Kompetensi)
Kelas/ Semester
PB/SPB (Tema)
Indikator
No. Soal
Bobot Soal
1.
Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme
XII/ganjil
Metabolisme
Siswa mampu menyebutkan enzim-enzim yang berperan dalam anabolisme dan katabolisme karbohidrat.
1,6
15
2.
Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat
XII/ganjil
Metabolisme
Siswa mampu mengidentifikasi hasil-hasil anabolisme dan katabolisme karbohidrat dengan baik dan benar melalui tabel siklus CO2 yang disediakan.
2,7
20
3.
Menjelaskan konsep gen, DNA, dan kromosom
XII/ganjil
Hereditas
Siswa mampu menyebutkan 1 perbedaan RNA dan DNA dengan tepat.
3,8
15
4.
Menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat
XII/ganjil
Hereditas
Siswa mampu menjelaskan tentang urutan pembelahan mitosis dan meiosis pada pewarisan sifat dengan tepat.
4,9
25
5.
Menerapkan prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat
XII/ganjil
Hereditas
Siswa mampu menerapkan salah satu bentuk konsep pewarisan sifat dengan tepat.
5,10
25

Soal :
A. Pilihlah satu jawaban yang tepat!
1. Enzim di bawah ini dapat melakukan pemecahan protein, yaitu. . . . .
A.    Amilase
B.     Sukrase
C.     Tripsin
D.    Tripsinogen
E.     Lipase
Text Box: (1)2. Siklus CO2 dalam proses asimilasi dan respirasi dapat digambarkan dalam skema berikut
  Text Box: (5)Text Box: (4)Text Box: (3)Text Box: konsumenText Box: Tumbuhan autotrof
Text Box: (2)

Text Box: CO2Text Box: CO2  




Pemakaian CO2 yang menggunakan energi kimia pada siklus ini terjadi pada . . . . .
A.    1                                              D.  4
B.     2                                              E.  5
C.     3
3. Berikut ini yang bukan merupakan perbedaan antara RNA dan DNA adalah . . . . .
A.    RNA memiliki ribosa; DNA memiliki deoksiribosa
B.     RNA memiliki lima basa, DNA memiliki empat basa
C.     RNA memiliki urasil, DNA memiliki timin
D.    RNA lebih kecil dari pada DNA kromosom manusia
E.     RNA merupakan untai tunggal nukleotida, DNA merupakan untai ganda nukleotida
4. Berikut ini yang merupakan urutan proses perubahan materigenetik selama pembelahan sel . . . . .
A.    Kromatin         kromatid          kromosom
B.     Butir kromatin          kromatid            benang kromosom          kromosom
C.     Kromosom        kromatin         kromatid
D.    butir kromatid         benang kromatin         kromosom        kromatid
E.     Kromatid         kromatin          kromosom
5. Pada manusia, gigi coklat disebabkan oleh gen dominan tertaut seks. Jika pria bergigi coklat yang memiliki ibu bergigi normal menikah dengan wanita bergigi normal, maka . . . . .
A.    Separuh anak lelakinya bergigi coklat
B.     Tidak ada anak lelakinya yang bergigi coklat
C.     Semua anak bergigi coklat
D.    Semua anak perempuannya bergigi coklat
E.     Semua anak perempuannya bergigi normal

B. Jawablah pertanyaan berikut!
1.      Jelaskan fungsi enzim yang bekerja dalam lambung dan usus halus! (Skor 15)
2.      Jelaskan pengertian katabolisme dan anabolisme karbohidrat! (Skor 20)
3.      Jelaskan pengertian gen, DNA dan kromosom! (Skor 15)
4.      Jelaskan perbedaan pembelahan meiosis dan mitosis! (Skor 25)

5.      Tentukan fillial (F1) dari persilangan kacang erchis berbiji bulat (B) kuning (K) dengan kacang erchis berbiji kisut (b) hijau (k)! (Skor 25)

0 komentar:

Posting Komentar