Jumat, 11 Maret 2016

Bakteri Pemakan Plastik

Para ilmuwan dari Jepang telah menemukan bakteri yang dapat menghancurkan dan mengkonsumsi PET (Polyethylene terephthalate). Apa itu PET? PET merupakan resin polyester yang tahan lama, kuat, ringan dan mudah dibentuk ketika panas. PET dapat ditemukan pada botol air, botol soda, botol jus, botol minyak goring, kemasan makanan, dan lain sebagainya.

Bagaimana mereka menemukan bakteri yang dapat mengkonsumsi plastik?
Mereka menemukan bakteri tersebut hidup di plastik yang berada pada sampel air limbah yang diambil. Bakteri tersebut bernama Ideonella sakaiensis. Dia muncul untuk mengonsumsi PET yang dipecah menggunakan sepasang enzim.

Bagaimana bakteri tersebut mengkonsumsi plastik?
Bakteri tersebut mulanya akan melekat pada plastik. Kemudian bakteri mulai menghancurkan plastik menjadi dua senyawa yaitu terephthalic acid dan ethylene glycol dalam dua tahapan proses. Mereka kemudian mencerna dua senyawa tersebut.

Bagaimana keefektifan pengunaan bakteri tersebut?
Berdasarkan kemampuan sang bakteri dalam mengonsumsi plastik, banyak peluang menggunakannya untuk membersihkan planet. Tetapi saat ini, bakteri tersebut masih tidak terlalu efisien. Bakteri membutuhkan waktu sekitar 6 minggu dalam suhu 30ºC untuk sepenuhnya mendegradasi PET. Hal tersebut dikarenakan bakteri relatif lama dalam penggandaan dirinya. Akan tetapi, hal tersebut masih mungkin untuk dapat dikelola oleh pakar genetically engineer dengan mengkombinasikan kecepatan membelah diri dari bakteri lain seperti Escherichia coli dan Ideonella sakaiensis.

Read more: http://gizmodo.com/scientists-have-discovered-a-bacteria-thats-evol ved-to-1764242517

0 komentar:

Posting Komentar